Cara Membuat Brosur Dengan Photoshop

By On Thursday, February 5th, 2015 Categories : Desain Brosur

Cara Membuat Brosur Dengan Photoshop – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara membuat brosur menggunakan adobe photoshop. Ketika kita ingin membuat desain brosur terkadang kita bingung apa saja hal yang pertama kali harus kita perhatikan dan kita lakukan. Saya sendiri sering mengalami hal seperti itu waktu dulu masih awam-awamnya terhadap desain khususnya menggunakan photoshop. Nah disini saya akan share langkah apa saja yang harus dilakukan ketika akan membuat brosur.

Kesalahan yang sering kita lakukan ketika membuat desain apapun itu yang berhubungan dengan percetakan adalah teori warnanya. Banyak sekali desainer handal dan memiliki karya yang bagus akan tetapi tidak memiliki pengetahuan dalam hal produksi / percetakan. Sehingga menyebabkan hasilnya kurang maksimal ketika desainnya sudah naik cetak. Hal tersebut terjadi karena tidak mengetahui teori warna tadi, kebanyakan mensetting pada awalnya menggunakan model warna RGK bukan CMYK. Satu hal yang penting untuk kita ketahui bahwa warna didunia percetakan dengan warna di monitor adalah berbeda. Dimana tampilan warna dimonitor adalah RGB dan di dunia percetakan adalah CMYK. Ini adalah hal yang sangat dasar dan sangat penting namun sering terlupakan.

Oke langsung saja pada tutorial cara membuat brosur dengan photoshop :

.

1. TENTUKAN UKURAN BROSUR DENGAN TEPAT


Ada tiga macam ukuran yang digunakan dalam membuat desain brosur.

.

Desain-Brosur

.

a. Desain brosur lipat tiga -> Ukurannya adalah A4 yaitu 21 x 29,7 cm. Ukuran ini paling populer dibandingkan dengan ukuran yang lainnya. Karena dengan ukuran ini dapat menampilkan lebih banyak informasi didalamnya seperti banyak foto-foto dan lain sebagainya karena memiliki 6 halaman. Namun brosur lipat tiga ini tidak terpaku dengan ukuran A4 saja, ukurannya bebas menyesuaikan dengan kebutuhan sobat, tapi ukuran standarnya adalah A4.

.

b. Desain brosur lipat 2 -> Ukurannya sama dengan yang diatas yaitu A4. Bedanya ruang / space halamannya lebih besar dibandingkan dengan yang lipat tiga. Ukuran ini cocok untuk desain yang menampilkan gambar yang besar agar kelihatannya lebih jelas.

.

c. Desain Brosur Flyer (tanpa lipatan) -> Ukurannya A5 14,8 x 21 cm, namun bisa juga A4 menyesuaikan dengan kebutuhan sobat. Ukuran ini cocok untuk sobat yang ingin menampilkan informasi yang padat dan singkat, sehingga terkesan desainnya simpel.

.

Nah itulah hal yang pertama kali yang harus sobat tentukan terlebih dahulu. Sebenarnya banyak ukuran yang lain, namun tiga itu yang banyak digunakan. Apabila sudah ada bayangan mengenai ukurannya, baru buka photoshop.

.

.

2. SETTING COLOR MODE MENJADI CMYK


.

ukuran brosur A4

.

Ini hal yang paling penting, agar kualitas cetakannya sesuai dengan apa yang kita buat dan tidak mengecewakan. Selain itu juga setting resolutionnya menjadi 300 agar gambarnya lebih maksimal dan tidak pecah saat dicetak.

 

.

3. DESAIN SESUAI KEINGINAN


Setelah semua tahap tadi dilakukan baru deh mulai mendesain brosur sesuai dengan keinginan. Apabila sobat kurang inspirasi, banyak sekali contoh brosur yang dapat dijadikan inspirasi, sobat dapat melihatnya di category desain brosur.

.

Sekian saja tutorial cara membuat brosur, semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang membutuhkannya, jangan lupa untuk terus kunjungi desainarena.com untuk mengikuti update berbagai inspirasi desain menarik lainnya!

Cara Membuat Brosur Dengan Photoshop | Ukaz | 4.5
Leave a Reply