6 Tips Cara Membuat Desain Logo Yang Baik

By On Saturday, October 25th, 2014 Categories : Desain Logo

Tips Cara Membuat Desain Logo – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk sobat semua bagaimana cara membuat logo yang baik dan benar. Sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu pengertian dari logo :

Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. ( Sumber : id.wikipedia.org)

Ada banyak desain logo di sekitar kita. Untuk masyarakat umum, logo berfungsi sebagai salah satu pengingat instan dari suatu perusahaan atau produk. Kita sebagai desainer bertugas harus menggabungkan ideologi klien kita menjadi satu grafis tunggal. Tidak heran desain logo begitu menonjol dalam kehidupan kita, dimana mana pasti kita melihat logo. Sekarang merupakan zaman yang di mana setiap orang harus memiliki sebuah situs web untuk mendukung produk mereka, layanan atau perusahaan. Di balik itu, mereka harus memiliki desain logo yang berkelas agar mendukung produknya.

Oleh karena itu disini saya akan memberikan sebuah tips kepada sobat sekalian bagaimana cara membuat sebuah desain logo yang baik dan benar. Karena kebanyakan dari kita bingung bagaimana cara membuat desain logo. Semoga bermanfaat dan kelak mendapatkan hasil yang baik dan seperti yang sobat inginkan. Oke langsung saja berikut tipsnya :

.


.

1) SEBUAH LOGO HARUS SEDERHANA

logo nike

Sebuah desain logo yang sederhana akan sangat mudah mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan memungkinkan logo itu akan menjadi fleksibel dan mudah diingat. Sebagai contoh, mari kita lihat logo Nike di atas. Logo ini diciptakan oleh Caroline Davidson pada tahun 1971 yang merupakan logo sempurna untuk bisnis pakaian olahraga dan itu adalah contoh yang sangat bagus dari sekian banyak logo yang ada. Logonya mengesankan, tanda ceklis didesain dengan sangat elegant. Hanya dengan satu warna saja logo ini menjadi sangat efektif memikat banyak orang.

.


 .

2) SEBUAH LOGO HARUS MUDAH DIINGAT

Setelah prinsip kesederhanaan hal selanjutnya yang harus kita perhatikan untuk membuat sebuah logo adalah harus mudah diingat. Sebuah desain logo yang efektif harus mudah diingat dan ini dicapai dengan memiliki logo yang sederhana namun tepat. Seperti logo nike yang tadi telah dibahas, mudah diingat oleh banyak orang meskipun baru pertama kali melihatnya. Berbeda dengan logo yang ramai dengan bentuk dan berbagai macam warna, orang tidak akan mudah langsung mengingat logo tersebut, harus berkali-kali melihatnya baru bisa mengingatnya.

.


 .

3) SEBUAH LOGO HARUS ABADI

Logo yang efektif harus bertahan dalam kurun waktu yang lama. Logo harus ‘future proof’, artinya masih harus efektif dalam waktu 10, 20, 50 + tahun.

.


.

4) SEBUAH LOGO HARUS SERBAGUNA

Maksudnya sebuah logo yang efektif harus mampu bekerja di berbagai media dan aplikasi. Sebuah logo harus editable (mudah untuk diedit) agar dapat menyesuaikan dengan media dan aplikasi desain seperti adobe photoshop, adobe illustrator. Mengapa? Supaya dapat dikembangkan namun tidak menghilangkan bentuk aslinya. Karena tidak mungkin menampilkan bentuk yang itu-itu saja tanpa adanya perkembangan desain, hal ini dilakukan agar orang tidak bosan melihatnya.

nike-editable

AppleLogo-editable


.

5) SEBUAH LOGO HARUS SESUAI DENGAN PRODUKNYA

Bagaimana desain logo harus sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan sesuai dengan produknya. Contoh misalnya produk burger, logo yang baik dan benar harus mempunyai relevansi terhadap produknya itu sendiri. Kalau produknya burger kita harus mendesain dengan sesuatu yang ada unsur/kaitannya dengan burger. Misalnya ada gambar burger atau animasi berbentuk gambar burger. Seperti contoh logo dibawah ini :

.

logo burgerking

.


.

6) PELAJARI DARI YANG LAIN

Kita juga harus berpikir tentang merek-merek terkenal lainnya yang kita tahu dan mempelajari tentang logo mereka. Apa yang membuat mereka sukses? Itu yang harus kita selidiki dan menerapkannya kepada logo yang akan kita buat sesuai dengan imajinasi dan keinginan kita.

Logotypes

Effective-Logos

.


Mungkin itu saja sedikit tips tentang bagaimana cara membuat logo yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa untuk terus mengunjungi desainarena.com dan ikuti update tentang desain yang lainnya melalui FACEBOOK dan TWITTER Desain Arena!

6 Tips Cara Membuat Desain Logo Yang Baik | Ukaz | 4.5
Leave a Reply